Sedang memuat Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami ...

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan kulit kepala. Memang ketombe adalah sebuah kondisi yang sangat mengganggu dan dapat menyerang siapa saja. Sudah dikeramas berkali-kali pun tetap juga menempel pada rambut.  Mungkin anda juga bertanya apakah sebenarnya ketombe itu ? darimana ia bisa muncul ?. Ketombe pada dasarnya merupakan sel kulit mati yang rontok di kepala anda. Bentuknya bersisik dan seringkali membuat kepala gatal. Dalam kondisi yang lebih parah, ketombe juga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

Kulit kepala yang berketombe tidak identik dengan rambut yang kotor ataupun malas berkeramas, tetapi terkadang bisa timbul akibat ketidakcocokan dengan beberapa produk shampo, maupun cara menata rambut yang tidak sesuai. Contohnya adalah Beberapa pewarna rambut dan produk styling dapat meninggalkan residu, serpihan kering atau memicu reaksi kulit yang terlihat seperti ketombe. Jika Anda memiliki ketombe, jika tidak rajin mencuci rambut Anda akan membuat ketombe Anda lebih parah karena sel-sel kulit mati menumpuk. Anda mungkin ingin mencoba produk rambut yang berbeda untuk mengurangi ketombe Anda

cara ampuh menghilangkan ketombe secara alami

Hingga kini belum ada satu kepastian yang menjadi penyebab ketombe. Beberapa ahli mengatakan bahwa jamur adalah sumbernya. Hal ini dilandasi pengertian bahwa jamur dapat berkembang biak dengan pesat pada bagian folikel rambut yang memproduksi kelenjar sebum. Sebum yang terlalu banyak dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Selain itu jamur juga tumbuh pada rambut yang jarang terkena sinar matahari. Salah satu cara untuk mencegah ketombe adalah jangan menggunakan helm ketika rambut basah. Karena hal ini dapat merangsang timbulnya jamur. Sebaiknya keringkan dahulu di dengan handuk dan jemur sebentar.

Bahan Alami pada Shampo untuk menghilangkan ketombe dengan cepat

  • Ketokonazol  – bertujuan untuk menghilangkan ketombe yang disebabkan oleh jamur
  • Asam salisilat  – bertujuan untuk menghilangkan sel kulit mati yang rontok di kulit kepala tetapi memberi efek kulit kepala kering.
  • Selenium sulfida –  menghilangkan jamur dan memperlambat munculnya tumpukan sel kulit mati.
  • Tar  – dapat mengakibatkan perubahan warna rambut dan mengurangi tumpukan ketombe
  • Zinc pyrithione –  anti jamur, membasmi jamur yang menjadi penyebab ketombe

 

Langkah Untuk Mencegah Ketombe agar tidak berkembang biak pada kulit kepala

1.  Ketombe memang terasa gatal di kepala, tetapi kebiasaan mengaruk kulit kepala justru akan menambah buruk situasi. Ketombe dapat berkembang lebih banyak dan potensi iritasi pada kulit kepala juga akan timbul.

2. Rajin keramas setiap hari dengan menggunakan anti ketombe merupakan salah satu solusi tepat. Dengan rutin keramas, diaharpkan kebersihan kulit kepala dan rambut akan lebih terjaga.

3 Apabila kondisi ketombe anda semakin parah, maka gunakan produk shampo anti ketombe yang memiliki kandungan zat  selenium sulfida, zinc pyrithione, asam sulfur/salisilat dan zat aktif lainnya untuk mencuci rambut Anda. Penggunaan jangan terlalu banyak, secukupnya saja karena dapat memeberikan efek kurang baik jika terlalu banyak. Pemakaiannya dapat divariasi dengan shampo biasa. Apabila jumlah ketombe anda telah berkurang, maka hentikan pemakaian beberapa zat tersebut.

Terkadang untuk menghilangkan ketombe dengan menggunakan shampo belum tentu memberikan efek seperti yang diharapkan. Beberapa orang malah cenderung cocok menggunakan bahan herbal alami yang memiliki relevansi untuk memerangi keberadaan ketombe.

Baca juga : cara mengatasi keriput di wajah

Berikut cara untuk mengatasi ketombe dengan bahan alami, antara lain :

1. Cuka putih

Penggunaan cuka putih dicampur dengan segelas air dilakukan sebagai bilasan terakhir setelah keramas. Cuka putih dikenal pada masyarakat tradisional sebagai bahan aktif untuk menghilangkan ketombe.

Cara yang lain adalah dengan mencampurkan minyak goreng dengan cuka putih lalu pada waktu keramas pijit-pijitkan ke kulit kepala hingga meresap, kemudian bilas hingga bersih. Lalu bersihkan rambut menggunakan shampo.

2. Soda kue

Soda kue memberikan pengaruh dalam produksi kelenjar minyak di kulit kepala yang dapat menghambat timbulnya ketombe. Penggunaan cukup mudah, campurkan soda kue dalam takaran secukupnya, kemudian campurkan dengan air dan gunakan seperti halnya pada waktu keramas.

3.  Cara Menghilangkan Ketombe secara alami dengan Jeruk nipis

Penggunaan jeruk nipis untuk mengatasi ketombe juga telah banyak dibuktikan dalam berbagai uji penelitian. Belah jeruk nipis menjadi dua kemudian gosokkan pada kulit kepala. Apabila terdapat luka di kulit kepala biasanya akan terasa sedikit perih, namun jangan khawatir karena hal ini tidak berbahaya. Lakukan terapi dengan jeruk nipis ini secara rutin untuk mendapatkan kulit kepala yang bebas ketombe.

4. Garam

Fungsi garam dapur adalah untuk menetralisir atau mengurangi aktivitas perkembangbiakan jamur yang menjadi penyebab ketombe. Pemakaian garam adalah dengan menaburkannya sebagai campuran shampo pada waktu keramas.

5. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Dengan sifatnya yang khas memberikan nutrisi pada rambut, bagian lendir dari tanaman ini dipercaya dapat mengatasi persoalan ketombe di kulit kepala anda. Cara penggunaannya sangat mudah, ambillah satu helai tanaman aloe vera kemudian kupas. Bagian yang berlendir gosokkan pada kulit kepala secara merata. Dijamin, ini adalah cara paling mudah dan ampuh untuk menghilangkan ketombe sekaligus merawat keindahan rambut. Tetapi yang menjadi persoalan adalah, dewasa ini sulit sekali untuk menemukan tanaman lidah buaya khususnya di daerah perkotaan.

6. Minyak almond

Penggunaan minyak almond untuk mengatasi ketombe dilakukan setelah keramas. Keringkan rambut lalu balurkan satu sendok minyak almond pada kulit kepala anda. Lalu tutupi dengan handuk kering, biarkan selama 30 menit. Setelahnya bersihkan rambut dengan air hangat. Pemakaian minyak almond dapat dicampur dengan minyak zaitun untuk memberikan efek yang lebih cepat dalam upaya mengatasi ketombe.

Itulah beberapa tips ringan mengenai cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat. Sebaiknya anda mencoba tips yang paling cocok dan mudah. Semoga memberikan manfaat.

/* */